PCM Cileungsi Ikut Serta Dalam Penyusunan Kurikulum Sekolah Cabang dan Rating LPCR PP Muhammadiyah

muhammadiyahcileungsi.org -Pimpinan Cabang Muhammadiyah Cileungsi ditunjuk oleh LPCR PP Muhammadiyah sebagai salah satu cabang yang diberikan tugas untuk menyususn kurikulum Sekolah Cabang dan Ranting (Secara) tingkat Nasional, kegiatan tersebut dikemas dalam kegiatan Workshop Penyusunan Panduan Sekolah Cabang dan Ranting, yang dilaksanakan pada tanggal 24-25 Januari 2020 di PCM Sruweng Kabupaten Kebumen Jawa Tengah. Kegiatan tersebut dibuka oleh ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bapak Drs. Dahlan Rais.,M.Hum.

Ada 8 cabang unggulan tingkat nasional dan 8 Ranting unggulan tingkat nasional yg dilibatkan dalam kegiatan Workshop Penyusunan Panduan Sekolah Cabang dan Ranting ini, untuk tingkat cabang dihadiri oleh PCM Prambanan DIY, PCM Sepanjang Jawa Timur, PCM Cileungsi Jawa Barat, PCM Sruweng Jawa Tengah, PCM Babat Jawa Timur, PCM Minggir DIY, PCM Blimbing Jawa Tengah, PCM Leuwiliang Bogor, dan PCM Banjarmasin 4 Kalimantan Selatan. Adapun untuk tingkat ranting : PRM Gunung Pring Jawa Tengah, PRM Kayuputih DKI Jakarta, PRM Wage Jawa Timur, PRM Nitikan DIY, PRM Pandowan DIY, PRM Gading Jawa Tengah, PRM Karangtawang Jawa Tengah, PRM Al Ummah Banjarmasin Kalimantan selatan.

LPCR Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan Ada 6 aspek kurikulum yang di kembangkan pada sekolah Cabang dan Ranting ini, diantaranya : Aspek Pembinaan Jama’ah (Kemakmuran Masjid, Pengajian rutin, KMM, GJDJ), Aspek Kepemimpinan, Organisasi dan Managemen (administrasi, Keuangan dan SDM), Aspek Pemberdayaan Ekonomi dan Sosial Keummatan (Lembaga, Anggota, Masyarakat), Aspek AUM Unggulan (Kreatif, Inovatif dan Solutif) Aspek Kaderisasi dan Partisipasi AMM dan Aspek Daya Pengaruh dan Penguasaan Media Dakwah/Media Informasi.

Seluruh cabang dan ranting yang hadir pada kegiatan Workshop ini memiliki keunggulan tersendiri pada ke-enam aspek kurikulum tersebut, untuk itu kurikulum di buat berdasarkan keunggulan masing-masing yang di miliki oleh Cabang dan Ranting Unggulan Tingkat Nasional. PCM Cileungsi sendiri, diunggulkan pada aspek Kepemimpinan, Organisasi dan Managemen (Administrasi, Keuangan dan SDM).

Bentuk dari Sekolah Cabang dan Ranting ini ke depan akan di desain dalam 4 Bentuk paket program Sekolah Cabang dan Ranting (SECARA) diantara nya : Secara paket A, Secara Paket B, Secara Paket C dan Secara Paket Magang. Cabang dan Ranting yang akan mengikuti program secara paket A diharuskan mengunjungi dan menginap di Cabang atau Ranting yang di tunjuk sebagai tempat pelaksanaan secara paket A dengan 3 pilihan jadwal waktu al ternatif, 2 hari 1 malam, 3 hari 2 malam dan 4 hari 3 malam.

Adapun untuk program secara paket B, Cabang atau Ranting unggulan menunjuk salah seorang pengurus atau membentuk team yang ditugaskan untuk mendatangi Cabang atau Ranting yang menjadi peserta program secara paket B.Untuk program secara paket C pelaksanaannya di selenggarakan dalam bentuk workshop/klasikal atau jambore/berkemah, nara sumbernya berasal dari CAbang dan Ranting Unggulan yang di tunjuk Oleh LPCR PP Muhammadiyah.

Program secara paket magang dilaksanakan dengan cara peserta mendatangi PCM/PRM yang di tunjuk untuk hadir, hidup bersama dan terlibat dalam seluruh kegiatan dan dinamika yang ada di PCM unggulan, waktu pelaksanaan pada kegiatan magang ini minimal 2 minggu.

32 total views, 1 views today

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*