Sejarah Singkat PCM Cileungsi

 

Sejarah Singkat Berdirinya PCM Cileungsi

Muhammadiyah pertama kali di Cileungsi berdiri dengan tingkat ranting pada tahun 1960 di desa atau kampung kaum. Kampung Kaum dan desa Cileungsi merupakan kampung tua peninggalan belanda dengan adanya nama kampung BPM (nama Belanda) yang sampai sekarang masih dipakai.namun sebelum berdiri ranting Muhammadiyah sesungguhnya sudah ada sejak tahun 1952 di kampung tengahn desa cileungsi. Kondisi masyarakat Cileungsi saat itu dengan ragam pola hidup antara lain :

  • Agama yang dianut sebagian besar adalah Islam. Namun sifatnya masih bercampur baur dengan Hindu serta kepercayaan yang lain diantaranya Konghucu (Cina) disamping juga masih terdapatnya aliran yang bernafas khurafat.
  • Adat istiadat masih asli dari nenek moyang mereka yang masih mengkeramatkan benda dan mahluk lain yang dianggap sakral. Istem kekeluargaan dan adat sangat sipatuhi.

Pimpinan Cabang Muhammadiyah Cileungsi  mulai merintis pendiriannya pada tanggal 14 shafar 1406 H / 18 Oktober 1984 bersamaan dengan datangnya penduduk baru dan berkumpulnya beberapa anggota dan warga serta simpatisan Muhammadiyah di perumahan Semen Cibinong (PTSC) Cileungsi. Melihat keadaan sedemikian rupa para anggota dan warga serta simpatisan Muhammadiyah termasuk sesepuh Muhammadiyah mengadakan pertemuan dengan tujuan untuk mengaktifkan kembali Ranting Muhammadiyah yang telah berdiri atau mendirikan Cabang Muhammadiyah Cileungsi sebagai wadah perjuangan untuk menegakkan syiar Islam melalui organisasi Muhammadiyah. Dalam pertemuan tersebut telah disepakati untuk :

  1. Mengaktifkan kembali Ranting dan atau mendirikan Cabang Muhammadiyah Cileungsi.
  2. Mendirikan Perguruan Muhammadiyah Cileungsi sebagai sarana amal usaha Muhammadiyah Cabang Cileungsi.
  3. Mengaktifkan kembali kegiatan yang pernah ada dan membuat program baru baik Cabang maupun ortom-ortomnya.

Untuk mewujudkan hasil pertemuan tersebut, maka dibentuklah panitia Pelaksana yang bertugas untuk menyusun dan melaksanakan hasil pertemuan. Adapun program kerja yang disusun antaralain :

 

Menyiapkan Sekolah Muhammadiyah

Membaca dan melihat bahwa daerah Cileungsi dan sekitarnya merupakan daerah Industri yang sebagaian besar berhubungan dengan tekhnologi. Maka langkah pertama yang diambil adalah :

  1. Mendirikan Sekolah Tehnik Mengah (STM) Muhammadiyah di Cileungsi sejak Tahun Ajaran 1986/1987, dengan dasar pemikiran antara lain :
  • Kesedian PT Bukaka Tehnik Utama dan PT Semen Cibinong sebagai tempat praktek bagi siswa. Hal ini memudahkan bagi perguruan dalam melaksanakan oprasionalnya.
  • Diharapkan dapat membantu pendidikan bagi remaja setempat dalam mencapai ilmu teknologi dan agama Islam yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunah Rasul. Selain itu juga diharapkan dapat mencptakan lapangan kerja sendiri atau berwiraswasta serta mendapatkan usaha diperusahaan terdekat jika siswa STM sudah selesai belajarnya dan tidak mampu untuk melanjutkan pendidikan yang lebih atas.
  • Daerah Cileungsi dan sekitarnya sesaat akan didirikan STMM belum mempunyai sekolah Kejuruan baik tehnik maupun kejuruan lain.

Membuka Sekolah Menegah Atas (SMA) Muhammadiyah

Pelaksanaan dan perkembanagan STMM yang dapat dimungkinkan untuk kelanjutanya serta animo masyarakat di daerah sekitar dan dorongan kewajiban, maka pada tahun Ajaran 1988/1989 Cabang Muhammadiyah Cileungsi membuka SMA Muhammadiyah. Pembukaan tersebut berdasarkan :

  • Banyaknya tamatan SMTP yang tidak tertampung pada sekolah Negeri, mengingat terbatasnya sarana pendidikan yang ada di Cileungsi dan sekitarnya.
  • Keinginan anggota, warga serta simpatasian dan masyarakat sekitar agar Cabang Muhammadiyah Cileungsi dapat menyelenggarakan SMA Muhammadiyah.
  • Transfortasi dan biaya menuju lokasi perguruan Muhammadiyah sangat praktis dan terjamin keamanan dan keselamatannya.

 

Pada Tanggal 25 Shafar 1406 H / 10 November 1985 M Cabang Muhammadiyah Cileungsi berdiri dan pengesahan dilakukan dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Bogor setelah proses pendirian dilaksanakan. Dengan resminya Cabang Muhammadiyah Cileungsi beserta pimpinannya, maka ditetapkan pula :

  • Sekretariat Cabang Muhammadiyah Cileungsi yaitu berlokasi di Jl.Arumdalu no.9 Perumahan Semen Cibinong.
  • Pimpinan Cabang Muhammadiyah Cileungsi periode 1985-1990 :
  • Ketua I         : Soetrisno (NBM : 605.482)

II                        : H. Affandi (NBM : 605.482)

III                       : Guntur Prayitno (NBM : 605.488)

Sekretaris I       : Suprapto Basyir (NBM : 553.224)

Sekretaris II      : Suhaswanto (NBM : 605.498)

Bendahara           : Hartoyo (NBM : 605.487)

Wakil Bendahara    : G Mulyono (NBM : 605.495)

Anggota                : 1. Ir, Hartoto M (NBM : 605.484)

  1. Bambang M, BE (NBM : 605.516)
  2. H.Fauzani (NBM : 605.492)
  3. Drs. Setyadi (NBM : 605.518)
  4. Nawawi Iskandar (NBM : 613.157)
  5. Hardjani. HS (NBM : 605.485)

37 total views, 2 views today