Majelis Pendidikan Kader (MPK) PCM Cileungsi Selenggarakan Acara Darul Arqam Ramadhan (DAR)

Cileungsi – Komitmen Majelis Pendidikan Kader (MPK) PCM Cileungsi untuk menjalankan amanah persyarikatan pada tataran dakwah kultural salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan turin di bulan Ramadhan, yaitu Darul Arqam Ramadhan (DAR). DAR menjadi salah satu kegiatan untuk menumbuhkan semangat, minat, bakal, serta membentuk akhlak anak-anak. Sebagaimana tema yang diusung pada kegiatan DAR 1442 H ini.

Pada DAR 1442 H ini, MPK PCM Cileungsi senantiasa berkolaborasi dengan semua organisasi otonom (ortom) Muhammadiyah cabang dan komisariat Cileungsi. Diketahui, bahwa pada tahun 2020 kegiatan DAR tidak terlaksana karena aturan larangan mengadakan kegiatan massal dan interaksi langsung di masyarakat dimasa pandemi covid 19. Untuk itu, DAR tahun ini dimaksimalkan dengan melaksanakan diempat tempat diantaranya Mushola Fastabiqul Khairat Desa Cipenjo tanggal 26-27 April 2021, Masjid Al-anbiya Desa Dayeuh tanggal 3-4 Mei 2021, Perum. Puri Cileungsi Desa Gandoang tanggal 5-6 Mei 2021, dan Rumah Tahfizh Quran Al-furqon Desa Situsari tanggal 10 Mei 2021.

Tampak antusias para peserta yang mengikuti kegiatan DAR, dari usia TK, SD, dan SMP. Peserta DAR mengikuti rangkaian kegiatan yaitu perlombaan mewarnai, hafalan doa harian, hafalan surat pendek, dan games rangking 1. Dari setiap lomba diambil pemenang juara 1, 2, dan 3, sehingga peserta berusaha sebaik-baiknya untuk menjadi pemenang. Selain lomba, kegiatan disertai dengan ice breaking untuk mengkondisikan suasana peserta.

Panitia DAR 1442 H memanfaatkan momentum untuk peduli terhadap sesama yang membutuhkan, yaitu warga di sekitar tempat kegiatan yang termasuk yatim piatu, fakir miskin, dhuafa, dan jompo. Jumlah bantuan berupa paket sembako yang disalurkan panitia DAR sebanyak 106 paket, serta iftor jama’i dengan jumlah 380 paket makan yang tersebar di empat titik.

Pada penutupan kegiatan, Jatnika Ketua Panitia DAR 1442 H sekaligus Ketua MPK PCM Cileungsi menyampaikan terima kasih atas dukungan PCM Cileungsi, lalu partisipasi dan kerja sama PRM sebagai tuan rumah, Ortom dan AMM Cileungsi yang turun dalam kegiatan, donatur dan sponsor yang ikut mendanai kegiatan, serta warga di sekitar kepala Amal Usaha Muhammadiyah yang memfasilitas dan mendanai kegiatan sehingga kegiatan DAR 1442 H berjalan sukses dan lancar.

“Semoga apa yang telah dikerjakan semata untuk mencari pahala dan ridho dari Allah Swt. Semoga DAR berikutnya dapat lebih matang persiapannya dan mampu memberikan manfaat yang lebih luas dan banyak. Aamiin,” tutup Jatnika.

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *