PCM Cileungsi Melakukan Kunjungan Ke SD Muhammadiyah 4 Surabaya dan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi

muhammadiyahcileungsi.org – Tanggal 24-25 November 2020 Tim Pimpinan Cabang Muhammadiyah Cileungsi yang terdiri dari Ketua PCM, Sekretaris, Bendahara, Wakil Ketua Bidang Dikdasmen, Ketua Majelis Dikdasmen, Tim Arsitek PCM dan Perwakilan Kepala Sekolah SMK dan SMA Muhammadiyah Cileungsi melalukan kunjungan Silaturahim dan Studi Banding ke SD Muhammadiyah 4 Surabaya dan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Meskipun PCM Cileungsi telah mendapatkan penghargaan sebagai PCM terbaik di Indonesia namun PCM Cileungsi terus berbenah diri untuk meningkatkan kualitas amal usahanya terutama dalam bidang pendidikan dengan belajar kepada amal usaha yang memiliki keunggulan pada bidang tertentu.

Selasa 24 November 2020 tim PCM Cileungsi dibagi menjadi dua, tim pertama melakukan kunjungan ke Kantor Yayasan Bina Muwahidin, kegiatan ini dalam rangka melaporkan proses pembangunan Masjid Al-Furqon yang sedang dibangun di lokasi Kampus E Perguruan Muhammadiyah Cileungsi yang nantinya akan digunakan sebagai Masjid SMK Muhammadiyah 4 Cileungsi. Bantuan tersebut diperoleh dari Timur Tengah melalui Yayasan Bina Muwahidin. Sementara tim yang kedua melakukan kunjungan silaturahim ke SD Muhammadiyah 26 Surabaya, walaupun kunjungan ini bukan kunjungan resmi tetapi Ustadz.Hervit menyambut tim dari PCM Cileungsi dengan baik, pada kesempatan ini Ustadz.Hervit menceritakan proses belajar daring yang dilaksanakan sekolah dengan menggunakan Microsof Team, beliau juga berdiskusi tentang manajemen pengelolaan sekolah. Setelah itu tim kedua juga melakukan kunjungan silaturahim ke rumah Prof.Iman Robandi.

Kunjungan selanjutnya pada pukul 13.00-16.00 tim PCM Cileungsi secara bersamaan melakukan kunjungan silaturahim dan studi banding ke SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Pada kunjungan ini kami disabut oleh Kepala Sekolah Ustadz. Muhammad Syaikhul Islam,MHI dan team SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Pada kunjungan ini kami belajar tentang Pengelolaan PPDB dimasa Pandemi Covid-19 dan Pengelolaan Kerjasama Curiculum Cambridge. SD Muhammadiyah 4 Surabaya melakukan Promosi PPDB secara online antara lain dengan memanfaatkan media sosial seperi Instagram, Facebook, Youtube selain itu mereka juga gencar melakukan kegiatan perlombaan secara online.

Hari kedua tanggal 25 November 2020 dari kota surabaya kami beralih menuju Kota Malang untuk melakukan silaturahim dan studi bading di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi  sekolah yang mendapatkan penghargaan sebagai Sekolah Teladan Nasional dan memiliki Gedung SMK tertigi di Indonesia. Pada kesempatan ini kami disambut baik oleh Kepala SMK Muhammadiyah 7 Gondang Legi Ustadz.Pahri dan team SMK Muhammadiyah 7 Gondang Legi. Pada kunjungan ini kami belajar tentang Strategi PPDB dimasa Covid-19, Pengelolaan Teaching Factory dan belajar strategi pembangunan dan pembiyaan gedung.

SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi melakukan Promosi PPDB dengan cara melakukan kunjungan secara langsung ke rumah-rumah calon peserta didik yang kemudian calon peserta didik diajak  untuk melakukan kunjungan ke SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi untuk menikmati suasan belajar di sekolah. Menariknya kepala sekolah mewajibkan setiap guru harus bisa mendapatkan siswa baru, bagi guru yang berhasil mendatangkan calon peserta didik untuk mendaftar di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi akan mendapatkan reward dan sebaliknya bagi guru yang males-malesan tidak mau melakukan promosi PPDB akan mendapatkan punishment. Pada kunjungan ini kami juga belajar tentang pengelolaan Teaching Factory yang sudah dilakukan oleh SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi yang bekerjasama dengan berbagai pihak seperti dengan Daihatsu, Samsung, Yamaha dan berbagai pihak lainnya.

Rencana tindak lanjut kunjungan kegiatan ini studi banding ini ketua PCM Cileungsi Bapak.Nasihin dan Ketua Dikdasmen Ibu.Ana Widyastuti akan langsung melakukan koordinasi dengan para kepala sekolah dilingkungan PCM Cileungsi untuk membahas tentang strategi pelaksanaan PPDB. Beberapa Kepala Sekolah yang ikut hadir juga akan mencoba segera merealisasikan program hasil studi banding ini seperti Bapak.Yudianto Kepala SMA Muhammadiyah dan Bapak.Eko Endro Purnomo akan segera mempersiapakan program Curiculum Cambridge sementera Bapak.Pamuji Agustiar Kepala SMK Muhammadiyah 1 Cileungsi akan segera merealisasikan strategi program PPDB dimasa Covid-19 dan pengembangan program kerjasama dengan dunia Induustri untuk menambah program Teaching Factory. Bapak.Ir.Firmansyah Azharul dan Team yang saat ini  bertugas sebagai bagian sarana PCM Cileungsi akan merampungkan pembangunan Masjid Al-Furqon serta melakukan Re-Design gedung-gedung amal usaha PCM Cileungsi agar terlihat lebih modern dan fungsional.

   

 

99 total views, 2 views today

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*