RAKERPIM PCM CILEUNGSI PERKUAT DAKWAH AMAR MA’RUF NAHI MUNKAR

CILEUNGSI-Dalam rangka mempertajam gerakan dakwah amar ma’ruf nahi munkar, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Cileungsi menggelar Rapat Kerja Pimpinan (RAKERPIM) pada hari Senin-Selasa, 27-28 Maret 2017 kemarin di Kampus B Perguruan Muhammadiyah Cileungsi. Acara tersebut diawali dengan penyampaian Manajemen Sentralisasi PCM Cileungsi, laporan program kerja Majelis dan Lembaga selama 1 semester pasca pelantikan, serta penyampaian program kerja yang akan dilaksanakan pada semester berikutnya. Selain itu, organisasi otonom diberikan kesempatan untuk menyampaikan program kerja masing-masing.

Rakerpim dimulai pada Senin sore dibuka oleh Ketua PCM Cileungsi, Nasihin, M.Ei., dilanjutkan dengan penyampaian materi Manajemen Sentralisasi oleh Wakil Ketua, H. Ujang Djunaedi.

Rakerpim dihadiri 15 Majelis dan Lembaga yang ada di PCM Cileungsi, dan 7 organisasi otonom seperti ‘Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul ‘Aisyiyah, Kepanduan Hizbul Wathan, Perguruan Seni Beladiri Tapak Suci Putera Muhammadiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah.

Dengan menerapkan model Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT), Rakerpim berlangsung penuh kerakraban dan kekeluargaan antar peserta. Menjelang waktu maghrib, Nasrullah, S.Pd.I. memandu semua peserta untuk praktik membaca Al-quran (tahsin). Ba’da maghrib diisi tausyiah dengan tema “Membangun Ghirah Pengurus Muhammadiyah dalam Dakwah Islam Amar Ma’ruf Nahi Munkar” oleh Drs. H. Syaukani Ibrahim yang merupakan salah satu penasihat PCM Cileungsi.

Suasana kekeluargaan pun diterapkan pada saat makan malam “ngaliwet” khas sunda, dengan alas makan daun pisang, semua pimpinan dan pengurus bergabung makan bersama, sambil sesekali ada canda tawa mengiringi.

Pukul 20.30 WIB Rakerpim dilanjutkan dengan presentasi aplikasi keuangan yang digunakan oleh Tim Keuangan PCM Cileungsi. Selaku Bendahara PCM Cileungsi, Mustopa Idris, S.E.Sy. memaparkan kondisi keuangan melalui aplikasi Accurate, aplikasi berbasis online yang dapat diakses oleh semua orang namun tetap terjaga keamanannya. Sistem keuangan menggunakan aplikasi tersebut disampaikan dengan tujuan agar adanya transparansi dan akuntabilitas keuangan yang ada di tubuh PCM Cileungsi bagi seluruh pimpinan dan pengurus Muhammadiyah, serta pengurus Ortom Muhammadiyah Cabang Cileungsi.

Setelah itu, 14 Majelis dan Lembaga mempresentasikan program kerja yang telah dilaksanakan sekaligus evaluasi program dalam kurun waktu 1 semester. Setiap Majelis dan Lembaga pun menyampaikan program apa saja yang akan dilaksanakan sesuai dengan amanat Musyawarah Cabang (Musycab) ke-5 Sepetember 2016 lalu yang telah disusun dalam Tanfidz Musycab VI Pimpinan Cabang Muhammadiyah Cileungsi.

Untuk menjaga kebugaran dan konsentrasi peserta, pada Selasa pagi diadakan olahraga dan keterampilan memanah yang dipandu oleh Instruktur dari Qeifa Archery Club. Tampak semua peserta begitu antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan memanah. Keceriaan, kebersamaan, dan kekeluargaan begitu hangat dari setiap peserta.

Demi menjaga hubungan yang erat antar peserta, Rakerpim ditutup dengan sarapan bersama seperti yang dilakukan pada malam sebelumnya, dengan beralaskan daun pisang, semua terlihat begitu berbahagia. Semoga Muhammadiyah Cileungsi dapat terus meningkatkan ghirah dakwah Islam amar ma’ruf nahi munkar di masyarakat. (JAT)

 WhatsApp Image 2017-03-29 at 16.28.25

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *