Klinik PKO Muhammadiyah Cileungsi Jalani Visitasi Akreditasi Klinik Pratama Rawat Inap (KPRI) 2023

Cileungsi – Klinik PKO Muhammadiyah Cileungsi untuk pertama kalinya jalani visitasi akreditasi untuk kategori KPRI (Klinik Pratama Rawat Inap) yang dilaksanakan oleh Lembaga Akreditasi Puskesmas, Klinik, Laboratorium Indonesia (LAPKLIN) Provinsi Jawa Barat pada hari Senin (18/12) dan Kamis (21/12) kemarin.

Visitasi dilaksanakan dengan dua tahap, tahap 1 secara daring (dalam jaringan) berbasis aplikasi zoom meeting pada hari pertama. Tim PKO Muhammadiyah Cileungsi di bawah Kepala Klinik dr. Nurcahyaningsih didampingi oleh Penasihat PCM Cileungsi, Ketua dan Anggota PCM Cileungsi, Ketua dan jajaran Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) mengikuti pembukaan dan menyimak pemaparan sambutan. Pada tahap kedua secara luring (luar jaringan) dilaksanakan langsung di ruang utama pertemuan Klinik PKO Muhammadiyah Cileungsi.

Selain itu, hadir pula pada room zoom meeting, Dinas Kesehatan Kab. Bogor, Asklin Kab. Bogor, Surveyor Akreditasi akreditasi klinik pratama rawat inap dari Lembaga Akreditasi Puskesmas, Klinik, Laboratorium Indonesia (LAPKLIN) yaitu drg. Neni Noviani, M.Kes. dan dr. Wowo Masthuro Mahfud, M.MR., Kepala Puskesmas Cileungsi.

Kepala Klinik PKO Muhammadiyah Cileungsi, dr Nur Cahyaningsih menyampaikan, program akreditasi ini sebagai momen kami untuk meningkatkan kualitas layanan dan juga memperbaiki beberapa bagian yang dipandang belum maksimal.

“Kami ucapkan terima kepada seluruh pihak yang terlibat dalam mensukseskan akreditasi kali ini,” ungkapnya.

Dinas Kesehatan Kab. Bogor menyampaikan, ada sekitar 134 klinik yang tersebar di Kabupaten Bogor, salah satunya adalah Klinik PKO Muhammadiyah Cileungsi yang hari ini akan dilakukan akreditasi. Diharapkan semua klinik yang yang menjalani visitasi akreditasi mampu meningkatkan mutu layanan kesehatan

Ketua Asosiasi Klinik (Asklin) dr. Titik mengapreasi pelaksanaan visitasi akreditasi, “semoga sukses dan lancar proses akreditasi klinik PKO Muhammadiyah Cileungsi, serta mendapatkan hasil yang maksimal,” ungkapnya.

dr. Farailoby Tamy, M.KK., Kepala Puskesmas Cileungsi memaparkan data kondisi penduduk Cileungsi yang menjadi wilayah kerja Puskesmas Cileungsi serta peranan Klinik PKO dalam membantu pelayanan kesehatan di wilayah Kecamatan Cileungsi.

“Kecamatan Cileungsi dengan 280ribuan penduduk, tercatat sebagai salah satu kecamatan terpadat di Kab. Bogor. Dan sekitar 180 ribu jiwa berada di wilayah kerja Puskesmas Cileungsi mencakup 4 desa. Sehingga keberadaan Klinik PKO Muhammadiyah Cileungsi akan sangat membantu layanan kesehatan masyarakat di Kecamatan Cileungsi, khususnya,” ungkapnya

“Kegiatan akreditasi ini diharapkan menjadi momentum yang baik dalam meningkatkan mutu layanan kesehatan masyarakat,” harapnya.

Dalam sambutan sekaligus membuka acara visitasi akreditasi, Ketua PCM Cileungsi Mustopa Idris menyampaikan bahwa Klinik PKO Muhammadiyah Cileungsi merupakan AUM dibidang kesehatan yang berada di lingkungan PCM Cileungsi. Berdiri sejak 2010, melayani layanan kesehatan untuk seluruh siswa, orang tua siswa, guru dan pegawai, serta masyarakat umum sampai saat ini.

“Akreditasi pertama ini tentu sangat penting untuk keberlangsungan dan pengembangan klinik PKO Muhammadiyah Cileungsi yang kami miliki. Kami berharap masukan dan arahan dari para surveyor demi perbaikan ke depannya. Kami sampaikan terima kasih banyak kepada Kepala Klinik PKO Muhammadiyah Cileungsi beserta tim yang sudah betugas dengan maksimal,” tutupnya.

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *