Tim Robotik SD MUTU Juarai Kontes Robot Nusantara 2022.

Kabar membahagiakan kembali datang peserta didik SD Muhammadiyah 1 Cileungsi yang tak berhenti meraih prestasi. Tim Robotik SD MUTU yang dikomandoi oleh Ustadz Suryo Tantoko dan Ustadz Abidin Sena S, Kom mengamankan posisi pertama Gold Medal Creative MRT Junior pada Kontes Robotik Nusantara yang diselenggarakan secara luring di Aula Wisuda Universitas Indonesia, Minggu (23/10).

Meili dan Khansa menjadi peserta terpilih untuk menjadi perwakilan sekolah di tim robotik ini. Tim SD MUTU yang menampilkan Smarthome Ramah Lingkungan ini merupakan kali pertama mengikuti kontes. Meski persiapan yang dilakukan hanya beberapa hari saja, tapi tim berusaha menghasilkan yang terbaik.

Lelah saat berlatih dan mempersiapkan kontes terbayar dengan hasil yang menggembirakan. “Kami memcoba memberikan inovasi robotik yang memiliki manfaat dalam kehidupan sehari hari, Smarthome ramah lingkungan kami pilih sebagai proyek kali ini. Mengingat rumah adalah hunian manusia yang harus dibuat senyaman mungkin serta tentunya ramah lingkungan”, ujar Suryo Tantoko.

Smarthome adalah konsep hunian yang di design dengan robotik sehingga memungkinkan hunian mendapatkan sirkulasi udara, cahaya matahari sehingga menjaga hunian tetap nyaman. Karena menggunakan konsep kanopi otomatis yang dapat terbuka dan tertutup sesuai dengan kondisi cuaca. Saat cuaca panas atau siang maka kanopi akan otomatis terbuka. Saat cuaca hujan atau malam maka kanopi aka tertutup. Sensor yang digunakan dalam design ini adalah sensor air, begitupun dengan lampu otomatis kalo di siang hari lampu akan otomatis mati, namun cuaca mendung atau malam hari maka lampu akan menyala dengan otomatis menggunakan sensor cahaya

Kepala SD MUTU mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada tim atas keberhasilan ini. “Bersyukur kepada Allah SWT pada kesempatan pertama ini Tim SD MUTU dapat meraih Gold Medal, saya berterima kasih kepada seluruh tim yang telah berjuang. Semoga prestasi ini menjadi motivasi bagi kita agar selalu menjadi sekolah yang berprestasi”. pungkas Ibu Catur Sri Rahayuningsih, S.Pd. Kedepannya, Kepala Sekolah berharap agar SD Muhammadiyah 1 Cileungsi senantiasa konsisten menggapai prestasi dalam semua bidang.

Sebagai informasi, Kontes Robot Nusantara (KRON) merupakan ajang pencarian anak-anak bangsa yang berpotensial dalam dunia Robotika Indonesia. Kompetisi ini juga merupakan ajang adu keterampilan dalam mendesain dan merakit robot yang bertujuan mengasah kreativitas bagi generasi muda. Kontes robot tersebut diperuntukkan bagi para siswa di level SD maupun SMP yang mengambil tempat di Balairung UI, Depok. KRON kali ini mengusung tema Workshop 4.0 Coding bertema “Exciting STEM AI Learning 4 Kids”.

Ayo Daftarkan Segera Putra Putri Ayah Bunda Sekolah di SD MUhammadiyah 1 Cileungsi Tahun Ajaran 2023-2024

Mer.

Loading

sdmuhammadiyah1 cileungsi

SD Muhammadiyah 1 Cileungsi merupakan sekolah unggulan di cileungsi dengan visi unggul dalam prestasi, disiplin diri dan berakhlak. SD Muhammadiyah 1 Cileungsi telah melahirkan generasi berprestasi dalam berbagi bidang. Program unggulannya mencetak generasi pecinta dan penghafal Al Quran. SD muhammadiyah 1 Cileungsi sudah tidak diragukan lagi kualitasnya dan tetap menjadi kepercayaan masyarakat. SD Muhamadiyah 1 Cileungsi bertempat di Perum PT.SC Jalan Anggrek No.25 Kecamatan Cileungsi , Kabupaten Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *