Respon Maraknya Ular Masuk Rumah, IPM Cileungsi Gelar Pelatihan Penanganan Ular

Sabtu, 01 Januari 2022

Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah Cileungsi sukses selenggarakan Pelatihan Pelajar Tanggap Bencana Ular Masuk Rumah. Pelatihan diselenggarakan pada Sabtu, 1 Januari 2022 di Aula SMK Muhammadiyah 1 Cileungsi dan diikuti oleh Seluruh Pengurus IPM Ranting Se Kecamatan Cileungsi dan Gunung Putri.

Pelatihan ini diselenggarakan sebagai repon IPM atas meningkatnya fenomena ular tersesat atau masuk rumah di musim penghujan. Tentu banyak sebab kenapa ular banyak muncul di musim hujan. Faktor pertama karna volume air meningkat baik di tanah atau permukaan sehingga hewan tanah seperti ular atau cacing tanah akan keluar karna tempat tinggal mereka terisi air. Faktor kedua karna pada awal musim hujan adalah musim telur ular menetas, baik ular berbisa maupun ular biasa.

mengangkat tema “Membentuk Pelajar Sigap dan Tanggap dalam Menangani Bencana Ular Masuk Rumah” Hadir pada Pelatihan Ilham Januardi dan Tim dari Aktivis Pemerhati Reptil Yayasan Ular Indonesia.

Sejalan dengan tema, Candra Ditia Ketua Umum PC IPM Cileungsi dalam sambutannya menyampaikan “Dimusim penghujan kerap ditemukan ular masuk kedalam rumah, beberapa pekan kebelakang beberapa kali ditemukan ular kobra di salah satu AUM. sebetulnya ular bukan lah sebuah bencana jika berada di habitatnya. Akan menjadi bencana jika ular tersebut masuk kedalam rumah apalagi jika kita tidak memiliki ketrampilan dalam penanganannya. Oleh karena itu PC IPM Cileungsi merespon dan membekali kader-kader IPM Se-Cabang Cileungsi dengan Pelatihan Penanganan Bencana Ular Masuk Rumah untuk jaga-jaga kedepan” ucapnya.

Peserta yang hadir sangat antusias dalam menyimak materi yang disampaikan oleh narasumber. Ilham Januardi manyampaikan bahwa Ular adalah tetangga kita, Setinggi-tingginya bisa ular, mereka memiliki peranan yang penting dalam ekosistem. Jika ditemukan ular dalam rumah kita, kita dapat mengatasinya dengan alat-alat sederhana yang ada dirumah kita. Bisa dengan Sapu, Pengki, ember, dan sejenisnya.

Selain menyampaikan materi, narasumber juga memberikan contoh praktek Snake Handling / Penanganan ular dengan alat-alat seadanya yang ada dirumah, memberikan contoh Penanganan jika kita tergigit ular berbisa beberapa peserta juga ikut mempraktekan Snake Handling.

Acara Pelatihan ditutup dengan Penganugerahan IPM of The Year (IOTY) 2021 sebagai apresiasi terhadap perjuangan PR IPM dalam menggerakan roda dakwah organisasi di masa pandemi.

Penulis : Tim

 

 

 

60 total views, 1 views today

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*