Qobillah HW SMKM 1 Adakan Kemah Pandu Penghela

CIBUBUR-SMK Mutu julukan bagi SMK Muhammadiyah 1 Cileungsi kembali mengadakan kemah sabtu-ahad untuk Calon Pandu Penghela di Bumi Perkemahan dan Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur. Perkemahan Pandu Penghela tersebut wajib bagi siswa kelas X dan XI untuk Tahun Pelajaran 2016/2017 pada Sabtu-Ahad, 22-23 April 2017 kemarin.

Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (GKHW) merupakan salah satu organisasi otonom (ortom) yang ada di Persyarikatan Muhammadiyah. GKHW menjadi ortom yang wajib ada di sekolah-sekolah Muhammadiyah bersama 2 ortom lainnya, yaitu Ikatan Pelajar Muhammadiyah dan Perguruan Seni Beladiri Tapak Suci Putera Muhammadiyah sesuai dengan intruksi Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) PP Muhammadiyah.

Dengan nama Qobilah Buya Hamka, HW SMK Muhammadiyah 1 dapat melaksanakan Perkemahan dengan lancar, walaupun harus diguyur hujan lebat sejak sabtu siang pasca apel pembukaan. Sesuai dengan tema “Pandu Berkarakter, Cinta Tanah Air dan Bangsa”, Qobilah Buya Hamka menjalin kerjasama dengan Kostrad Cilodong, Bogor sebagai intruktur selama Perkemahan.

Perkemahan khas Hizbul Wathan dan ortom lainnya, selalu mencantumkan materi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIKA). Materi AIKA disampaikan oleh Ramanda Imran Fauza Noor, S.Pd.I., selaku Kwartir Cabang Hizbul Wathan Kecamatan Cileungsi.

Sebagai bagian dari program Bela Negara, Ketua Panitia, Endang Sawitri, S.Pd. menginginkan perkemahan HW tahun ini berkesan bagi siswa dan sekolah. Oleh karena itu, pihaknya mengundang Kostrad Cilodong.

Bersama tim instruktur Divisi 1 Infanteri Kostrad Cilodong, Letkol Sabarizanto ikut berperan mengelola kegiatan bersama dengan dewan guru dan staf SMK Muhammadiyah 1 Cileungsi dengan peserta sebanyak 440 siswa, dimulai materi baris-berbaris (PBB), ceramah, tertib ibadah, games dan simulasi, serta matrad sesuai dengan maksud dan tujuan kegiatan.

Menurut Rahmawati, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan nilai-nilai karakter yaitu disiplin, tanggung jawab, ke-Islaman, kepanduan, dan kebangsaan. Melalui latihan rutin Kepanduan Hizbul Wathan yang berlangsung sejak awal tahun pelajaran ini, dan perkemahan ini menjadi sebuah titik evaluasi untuk mengetahui pencapaian siswa selama kurun waktu tersebut.

Hadir dalam Perkemahan Pandu Penghela kemarin, Nasihin, M.Ei., Ketua PCM (Pimpinan Cabang Muhammadiyah) Cileungsi, Ketua dan Sekretaris Kwartir Daerah HW Kabupaten Bogor, Ketua Majelis Pendidikan Kader (MPK) PCM Cileungsi, Ketua dan Sekretaris Kwarcab HW Kecamatan Cileungsi.

Turut menyampaikan apresiasi dan harapan, Ida Warni, S.Pd., Sekretaris Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) PCM Cileungsi, berharap kegiatan ini berjalan dengan baik dan mencapai tujuan yang diinginkan sekolah dan Muhammadiyah.

Pesan dan harapan juga disampaikan Nasihin, M.Ei., agar kegiatan semacam ini dapat berlanjut rutin setiap tahunnya. (Jat)

WhatsApp Image 2017-04-25 at 07.41.24
kegiatan out bound
WhatsApp Image 2017-04-25 at 10.31.25
pelantikan pandu penghela
WhatsApp Image 2017-04-25 at 10.39.10
kegiatan makan bersama
WhatsApp Image 2017-04-25 at 10.43.37
materi lapangan oleh anggota kostrad
WhatsApp Image 2017-04-25 at 10.54.04
dewan guru bersama anggota kostrad

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *