Puluhan Pelajar Terbaik se-Jawa Barat Ikuti Pelatihan Jurnalistik di Bogor

CILEUNGSI-Kamis (18/8) Kampus B Perguruan Muhammadiyah Cileungsi terlihat berbeda. Pasalnya pagi itu dilaksanakan pembukaan Pelatihan Jurnalistik Pelajar Muhammadiyah se-Jawa Barat yang diselenggarakan oleh Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PW IPM) Jawa Barat. Selama 4 hari (Kamis-Ahad) peserta akan mengikuti pelatihan yang begitu dahsyat.

Peserta yang semula ditargetkan hingga 65 peserta, sebanyak 35 peserta yang hadir dari berbagai penjuru Jawa Barat begitu antusias. Mereka terdiri dari Kota Cirebon, Kota Bandung, Ciamis, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Cianjur, Kota Depok, Kabupaten Garut, serta Kabupaten Bogor sebagai tuan rumah turut hadir membawa perwakilan Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PC IPM) se-Kabupaten Bogor. Hadir pula peserta dari kalangan mahasiswa nonstruktural IPM. Mereka berasal dari simpatisan, alumni sekolah Muhammadiyah, maupun mahasiswa yang berada di Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM).

Pelatihan jurnalistik menekankan pada aspek praktik pengelolaan media massa, baik cetak maupun online, seperti yang diucapkan Hadi Muhamad Rizal selaku Ketua Panitia Pelaksana. Hadi, panggilan akrabnya berharap follow up dari pelatihan kali ini, peserta mampu menjadi bagian dari Tim Media PW IPM Jawa Barat, tambahnya.

Hafizh Syafaaturrahman, Ketua Umum PW IPM Jawa Barat ikut menyampaikan harapan kepada para peserta maupun panitia pelaksana. “Sudah saatnya kita sebagai pelajar menjadi bagian penting dalam media, jangan sampai kita dikalahkan oleh media-media nonmuslim yang mampu mempelintir berita khususnya berita tentang saudara semuslim, sehingga masyarakat terkecoh dengan berita yang sebenarnya”, ucap Hafizh.

Jurnalis Pelajar (29)Jurnalis Pelajar (26)

Dalam pelatihan jurnalistik kali ini, sebanyak 9 materi disajikan dengan narasumber professional di bidang jurnalistik, baik media massa cetak maupun online. Berikut materi pelatihan :

  1. Pengenalan Jurnalistik dan Kode Etik Jurnalistik
  2. Fiqih Jurnalistik
  3. Peranan Muhammadiyah dalam Pers di Indonesia
  4. Peliputan dan Berita
  5. Bahasa dan Penulisan
  6. Artistik
  7. Foto Jurnalistik
  8. Mengelola Media Massa
  9. Jurnalistik Online

Selain mendapatkan materi seccara teori, peserta diberikan kesempatan untuk praktik. Praktik pertama membuat berita dengan mengambil bahan kegiatan-kegiatan di perguruan Muhammadiyah Cileungsi. Yang kedua, peserta secara berkelompok membuat berita lalu memposting ke dalam blog yang mereka buat sebagai bagian dari pengelolaan media onlie.

Kontibutor: Jatnika

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *