Bertepatan Libur Nasional, Dikdasmen PDM Kab. Bogor Menginstruksikan Sekolah Tidak Libur Dan Mengajak Siswa Shalat Gerhana

Bendera-Majelis-Dikdasmen-Muhammadiyah

Bogor (Kabar Persyarikatan) – Sesuai perhitungan astronomi bahwa akan terjadi gerhana matahari pada hari Rabu tanggal 9 Maret 2016, disaat yang sama pemerintah menetapkan hari libur Nasional untuk warga negara yang beragama Hindu untuk merayakan hari raya Nyepi. Oleh karena itu melalui pesan singkat yang kami terima, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Bogor, mengeluarkan instruksi kepada seluruh Kepala Sekolah dan jajarannya supaya tetap masuk dan mengajak siswa menunaikan shalat sunnah gerhana matahari (Kusuf), sebagai salah satu sarana pembelajaran kepada siswa dan siswi.

Berikut kutipan lengkap instruksinya :

Assalamu’alaikum Warohmatullohi wabarokatuh,

Yth. Kepala Sekolah, Dewan Guru, Staf dan Karyawan (SD/MI, SMP/Mts, SMA/SMK/MA) Muhammadiyah se-Kab.Bogor.

Setelah: Membaca Surat PP Muhammadiyah No. 02/EDR/I.O/B/2016, Hal: Gerhana Matahari pada hari Rabu 9 Maret, membaca Himbauan Ketua PDM Kab. Bogor (via SMS/WA) dan Memperhatikan kebiasaan yang dilakukan Warga Muhammadiyah.

Maka Kami Majelis Dikdasmen PDM Kab. Bogor mengintruksikan agar Seluruh Kepala Sekolah, Guru dan Karyawan Muhammadiyah di manapun berada agar Melaksanakan Sholat Gerhana di tempat/wilayah masing2, jika di tempatnya tidak menyelenggarakan sholat Gerhana maka diintruksikan agar merapat ke Masjid-masjid Milik Muhammadiyah, karena Insya Allah seluruh masjid Muhammadiyah (di tiap-tiap Ranting atau Cabang) pasti memfasilitasi pelaksanaan sholat gerhana tersebut.

Kepada Dewan Guru agar menyampaikan kepada para siswa/i di kelas masing-masing terkait gerhana berikut rincian waktu dan Kaifiyat Sholat Gerhana, Rosululloh pernah menyampaikan dalam sabdanya: Ilmu yg pertama musnah/hilang (dicabut) adalah Mawaris (Hukum Warisan), Sunnah yang pertama hilang (tidak dikerjakan) adalah sholat Gerhana  maka mari kita laksanakan Sholat Sunnah ini, disaat yg lain sudah mulai meninggalkan atau malah tdk “engeuh”.

Sekali lagi Para Kepsek agar mengondisikan hal ini kepada para siswanya, Jika perlu hari tersebut sekolah Muhammadiyah tidak libur tapi masuk dan diajak Sholat Gerhana di Masjid Sekolah masing-masing. Demikian Intruksi ini atas perhatian dan maklumnya diucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum

 

a/n Dikdasmen PDM Kab. Bogor

Budi Rasia

 

(Muhammadiyahcileungsi.org)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *