Wujudkan Generasi Qur’ani, SD MUTU gelar Pelatihan Tahsin Al Qur’an

Selasa, 7 September 2021

SmartOne Magazine. Cileungsi-

SD Muhammadiyah 1 Cileungsi mengadakan kegiatan Pelatihan Tahsin Al-Qur’an Metode Ummi pada Selasa (7/9).

Bekerjasama dengan UMMI Foundation Komisariat Bekasi Raya, SD MUTU mengadakan pelatihan tahsin Al Qur’an metode UMMI yang dilaksanakan berkala setiap pekan. Pelatihan ini merupakan salah satu program Keislaman yang bertujuan untuk mengejawantahkan misi SD MUTU yakni Unggul dalam prestasi, disiplin diri dan berakhlaq Qur’ani. Pelatihan ini juga dimaksudkan untuk memberi bekal cara mengajar dan kelayakan menjadi guru Al-Qur’an pada seluruh guru SD MUTU.

Bertempat di salah satu ruang kelas SD MUTU, Pelatihan Metode UMMI diikuti oleh 13 guru yang terdiri wali kelas 1 dan 2 serta para guru Al Qur’an sebagai pendamping wali kelas. Peserta tampak antusias mengikuti pelatihan UMMI yang akan rutin dilaksanakan setiap hari Selasa mulai pukul 13.00 s.d 15.00.

Kegiatan ini diawali dengan Placement Test (Test Penempatan) yang telah dilaksanakan sepekan sebelumnya. Test ini bertujuan untuk melihat tingkat kemampuan peserta dalam memahami cara membaca Al Qur’an.

Ustadz Abdul Hamid sebagai trainer Al Qur’an yang akan mendampingi peserta pelatihan dari tahapan awal sampai dengan peserta mahir membaca Al Qur’an sehingga diharapkan seluruh peserta dapat mengikuti sertifikasi dan layak mengajar Al Qur’an sesuai standarisasi Metode UMMI.

“Pelatihan ini merupakan langkah awal SD MUTU untuk dapat mengaplikasikan pembelajaran Al Qur’an dengan Metode UMMI yang Insyaallah akan mulai diterapkan di sekolah pada tahun ajaran mendatang. Program ini akan diadakan secara berkelanjutan sampai semua guru di SD MUTU mahir dan layak untuk membimbing peserta didik membaca serta menghafal ayat ayat Al Qur’an”. Ungkap Kepala SD Muhammadiyah 1 Cileungsi, Ibu Catur Sri Rahayuningsih,S.Pd dalam sambutannya saat pembukaan Pelatihan metode UMMI pada Selasa (31/8).

Diharapkan pelatihan ini dapat bermanfaat bagi guru-guru karena tidak hanya mendapatkan pemahaman baru tentang Al Qur’an namun juga praktik bacaan Al Quran itu sendiri. Membaca Al-Quran tentunya memiliki banyak keutamaan. Mulai dari sebagai syafaat kita di hari akhir nanti, mendapatkan pahala, hingga keberkahan bagi kita dalam menjalani kehidupan di dunia ini.

SD MUTU senantiasa mendorong guru untuk menjadi guru pembelajar yang mampu beradaptasi dengan perubahan, dan dapat menginspirasi peserta didik menjadi subjek pembelajar mandiri yang bertanggungjawab, kreatif, dan inovatif. Sehingga menghasilkan lulusan yang unggul dalam prestasi, mampu mendisiplinkan diri serta memiliki akhlak Qur’ani.

 

23,958 total views, 2 views today

About sdmuhammadiyah1 cileungsi 8 Articles
SD Muhammadiyah 1 Cileungsi merupakan sekolah unggulan di cileungsi dengan visi unggul dalam prestasi, disiplin diri dan berakhlak. SD Muhammadiyah 1 Cileungsi telah melahirkan generasi berprestasi dalam berbagi bidang. Program unggulannya mencetak generasi pecinta dan penghafal Al Quran. SD muhammadiyah 1 Cileungsi sudah tidak diragukan lagi kualitasnya dan tetap menjadi kepercayaan masyarakat. SD Muhamadiyah 1 Cileungsi bertempat di Perum PT.SC Jalan Anggrek No.25 Kecamatan Cileungsi , Kabupaten Bogor

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*