PW IPM JAWA BARAT GELAR RAMFEST 2016

Bandung-Dalam rangka mengisi momentum bulan Ramadhan tahun ini, Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Jawa Barat (PW IPM Jabar) berinisiatif untuk mengadakan kegiatan dengan nama Ramadhan Festival IPM Jawa Barat 2016 atau akrab disebut dengan RAMFEST 2016. Kegiatan ini digelar sejak pekan pertama hingga pekan terakhir Ramadhan1437 Hijriyyah, dengan lokasi di sekitar Bandung Raya (Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Sumedang, Kota Cimahi).

Menurut Ipmawan Rifki Fauzi selaku Ketua Panitia Pelaksana, RAMFEST 2016 ini merupakan bagian dari program kerja PW IPM Jawa Barat bidang Kajian dan Dakwah Islam (KDI) dengan diisi berbagai kegiatan seperti, Kajian Subuh Pelajar disingkat menjadi KSP, Silaturahim Sore dan Kajian Ramadhan Keliling (SISKAMLING), Amil Zakat Ala Pelajar (AZAP), Pengajian Ramadhan (JIDHAN), Santunan Dhuafa, Ngabuburit dan Buka Shaum Bersama remaja Masjid. Dari kegiatan RAMFEST ini diharapkan mampu menumbuhkan semangat berbagi, semangat mengaji, dan semangat beribadah pada momentum yang luar biasa yaitu Ramadhan, tambahnya.

Ketua Umum PW IPM Jawa Barat, Ipmawan Hafizh Syafaaturrahman pun menyampaikan, bahwa perlu adanya kebersamaan dalam melaksanakan RAMFEST 2016 ini. Karena kegiatan ini bukan hanya program PW IPM Jawa Barat saja, tetapi melibatkan PD IPM, PC IPM, bahkan PR IPM se-Jawa barat.

Rangkaian kegiatan RAMFEST 2016 ini dijelaskan oleh Panitia Pelaksana secara rinci kepada tim redaksi sebagai berikut:

  • KSP merupakan kegiatan intelektual religious bagi internal PW IPM Jawa Barat, yang melibatkan semua anggota untuk mampu menyampaikan tausyiah seusai sholat subuh. KSP ini dilaksanakan selama bulan Ramadhan 1437 H. KSP dilaksanakan di Masjid Raya Mujahidin Bandung, Sekretariat PW IPM Jawa Barat, dan Desa Cibeureum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung.
  • SISKAMLING merupakan kegiatan yang tujuannya langsung menyentuh grass root atau tatanan paling bawah di Ikatan Pelajar Muhammadiyah, yaitu Pimpinan Ranting IPM. Target SISKAMLING ini, selain silaturahim dan kajian juga agar adanya kedekatan antara PC IPM maupun PR IPM di regional Bandung Raya dengan PW IPM Jawa Barat. Terlaksana di Ranting SMPM 6 Kota Bandung, MDT Al-Amin, dan MDT Ath-Thohiriyah Desa Cibeureum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung.
  • Amil Zakat Ala Pelajar (AZAP) merupakan kegiatan rutinitas tahunan, yaitu mengelola Zakat Fitrah. Rutinitas pengelolaan zakat fitrah ini dirasakan tidak berdampak secara luas tetapi hanya menyentuh lingkungan sekitar perguruan Muhammadiyah saja. Target dari AZAP ini, IPM se-Jawa Barat menjadi sebuah kekuatan besar pengelolaan zakat dengan cara setiap pimpinan IPM se-Jawa Barat mengabadikan kegiatan tersebut dalam bentuk foto lalu foto tersebut diupload di media social sehingga mampu meningkatkan eksistensi IPM Jawa Barat.
  • JIDHAN yang bisa dikategorikan Tabligh Akbar ini bentuk pengajian yang jamaahnya bukan hanya pelajar, tetapi kaum Bapak-bapak serta kaum Ibu-ibu di Masjid Al-Amin Desa Cibeureum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung.
  • Santunan Dhuafa adalah bagian dari rasa peduli PW IPM Jawa Barat terhadap kaum mustadh’afin atau kaum yang lemah, dengan menyumbangkan paket sembako sebanyak 100 paket di Masjid Al-Amin Desa Cibeureum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung.
  • Ngabuburit dan Buka Shaum Bersama remaja dan santri Amaliyah Ramadhan di Masjid Ath-Thohiriyah Desa Cibeureum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung.

Kegiatan ini pun disupport oleh banyak pihak, yaitu warga Muhammadiyah Jawa Barat baik guru, dosen, pengusaha, kader maupun simpatisan, alumni PW IPM Jawa Barat, serta warga Sancang 06, komplek Masjid Raya Mujahidin Bandung, yang merupakan sekretariat bersama PW Muhammadiyah, PW ‘Aisyiyah, Ortom Muhammadiyah tingkat Wilayah Jawa Barat. (JAT)

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *